Journal of Business Strategies, Volume 29, Number 1/spring 2012
Marcus
Z. Cox
University
of North Texas • Denton, TX
Josh
Daspit
University
of North Texas • Denton, TX
Erin
McLaughlin
Nova
Southeastern University • Fort Lauderdale-Davie, Florida
Raymond
J. Jones III
University
of North Texas • Denton, TX
Abstrak
Makalah ini bertujuan untuk
menjawab pertanyaan apakah Manajemen Strategis (MP) adalah disiplin akademis,
sebagai kritikus kami berpendapat tidak. Kami menawarkan definisi manajemen
strategis dan menilai apakah manajemen strategis adalah disiplin akademis
dengan memanfaatkan kerangka yang ditetapkan oleh Biglan (1973). Kerangka kerja
ini dibuat ketat (detail) agar memiliki paradigma pemersatu serta aplikasi
praktis dari teori-teori yang ada. Hasil analisis menyimpulkan bahwa manajemen
strategis memenuhi (1973) persyaratan Biglan dan harus dianggap sebagai
disiplin akademis. Sebagai penutup, kami mempertimbangkan arah masa depan
penelitian manajemen strategis dan metode penelitian baru.
Pengantar
Bidang manajemen strategis
relatif muda dibandingkan dengan disiplin ilmu lainnya (misalnya ekonomi,
kimia, hukum, dll) dan telah mengalami banyak kritikan dari para sarjana yang
mempertanyakan legitimasi dan relevansinya. Manajemen strategis dikritik karena
gagal untuk memiliki konsistensi, definisi formal, teori sendiri yang unik, dan
menjadi sub - bidang disiplin lain (Mockler, 1995; McGrath, 2007; Rumelt,
Schendel & Teece, 1991). Selain itu, manajemen strategis dikritik karena
terlalu fokus pada teori dan kurang praktis bagi manajer, atau terlalu fokus
pada aplikasi praktis dan bukan pada teori, bahkan dibangun di atas sebuah ide
tanpa struktur yang memadai (Barney, 2002, Mahoney & McGahan, 2007; McGrath,
2007). Oleh karena itu, sebagian ahli tidak menganggap manajemen strategis belum
layak menjadi disiplin akademik.
Para ahli lainnya memiliki
perspektif yang berbeda. Mereka menilai, manajemen strategis menuntut adanya disiplin
yang kompleks dan halus, dinamis, dan mempunyai dasar teoritis yang kuat dengan
adanya penelitian empiris substansial (Bettis, 1991; Coyne & Subramaniam,
1996; Hoskisson, Hitt, Wan & Yiu, 1999). Adanya polemik tersebut
menyebabkan manajemen strategis sebagai disiplin akademis masih dipertanyakan.
Beberapa kritik tersebut masih
perlu dipertanyakan kebenarannya, klaim tidak dapat menjadi dasar mendiskualifikasi
manajemen strategis sebagai suatu disiplin ilmu. Klaim hanya menggambarkan
bahwa sesuatu dapat bergerak ke arah yang salah atau mempunyai kelemahan yang
perlu ditangani. Tujuan kami bukan menafikan setiap kritik terhadap MP melainkan
untuk mengidentifikasi persoalan dengan menggunakan kerangka kerja untuk
menentukan apakah MP layak menjadi disiplin ilmu atau tidak, dan prediksi ke
depan terhadap MP.
Pertanyaan apakah manajemen
strategis adalah disiplin akademis perlu dijawab dengan menggunakan metode
ilmiah yang sama ketika kita melakukan setiap penelitian. Selain itu, kita juga
perlu memastikan sa apakah penelitian terbaru telah menjadikan manajemen
strategis menyimpang jauh dari akarnya atau tidak.
Selain itu, manfaat dan
implikasi manajemen strategis yang diklasifikasikan sebagai suatu disiplin juga
patut dipertimbangkan. Menurut Hambrick, jika manajemen strategis bukan
disiplin akademis, maka " studi tentang peran dan tanggung jawab manajer
umum tidak akan relevan sebagai sebuah kajian akademis" (2004, hal. 91).Jika manajemen strategis tidak dapat diklasifikasikan sebagai disiplin akademis,
maka kontribusi teoritis dan praktis untuk manajemen secara keseluruhan dapat
dianggap tidak penting yang akan mendorong sarjana manajemen strategis untuk mengalihkan
fokusnya pada yang lain, fokus yang lebih stabil (Barney, 2002).
Inti dari pertanyaan ini
adalah legitimasi. Menurut teori kelembagaan, organisasi sering mengembangkan
sistem simbol, artefak , dan rutinitas bukan untuk efisiensi operasional melainkan demi dianggap sah (DiMaggio &
Powell, 1983; Scott, 200). Mendapatkan legitimasi penting bagi disiplin
akademis karena akan berdampak pada promosi dan keputusan, gaji, peluang karir dan
lainnya. Untuk alasan ini, penting bahwa para sarjana kritis mencermati kondisi
lapangan dalam menentukan (apakah kita bisa dan harus mempertimbangkan) manajemen strategis sebagai
sebuah disiplin.
Dengan demikian, kami
berniat untuk mencermati fakta lapangan, menggunakan prosedur penyelidikan
ilmiah untuk menentukan apakah manajemen strategis dapat dianggap sebagai
disiplin akademis. Selain itu, kami juga membahas pentingnya manajemen
strategis harus diklasifikasikan sebagai disiplin akademis untuk akademisi dan
praktisi. Untuk itu, perkembangan terakhir di lapangan sangat penting, penting
untuk memahami arah masa depan bidang ini. Kami menyimpulkan analisis kami berdasarkan
beberapa aliran penelitian yang muncul dalam manajemen strategis dan metode
baru dalam analisis. Praktisi dan akademisi sama-sama harus peduli terhadap
kondisi manajemen strategis dan memahami kritik yang telah dilontarkan terhadapnya.
Pengertian
Manajemen Strategis
Sebelum kita membahas isu
sentral apakah manajemen strategis adalah disiplin akademis atau bukan, kita
harus terlebih dahulu menentukan apa itu manajemen strategis. Tidak ada pengertian
yang satu, yang diterima secara luas sebagai sebuah definisi manajemen
strategis. Nag, Hambrick dan Chen (2007) menyatakan bahwa manajemen strategis
sulit untuk didefinisikan karena merupakan bidang yang relatif baru berakar
pada disiplin lain (misalnya ekonomi, pemasaran, sosiologi, keuangan, dll).
Mereka mengatakan bahwa, "MP datang sebagai kejutan kecil sehingga
definisi yang disampaikan dalam manajemen strategis bervariasi. Dan dapat dikatakan
bahwa meminta sarjana manajemen strategis untuk menentukan definisi yang tepat akan menimbulkan berbagai
tanggapan" (hal. 935).
Wright, Kroll dan Parnell
mendefinisikan manajemen strategis sebagai "proses berkelanjutan penentuan
misi dan tujuan organisasi dalam konteks lingkungan eksternal dan internal,
kekuatan dan kelemahan, merumuskan strategi yang tepat, menerapkan strategi-strategi
dan menerapkan kontrol strategis untuk memastikan strategi organisasi berhasil
dalam mencapai tujuannya" (1996, hal.18). Selain itu, Porter mendefinisikan
strategi sebagai "penciptaan
proposisi yang unik dan berharga yang melibatkan serangkaian aktivitas yang
berbeda... [yang membedakan suatu perusahaan] dari saingan" (1996, hal.
67). Dia berpendapat bahwa jika hanya ada satu posisi ideal dalam industri,
maka semua perusahaan akan berlomba untuk mencapai posisi yang diinginkan.
Dengan demikian, kebutuhan untuk strategi tidak akan ada karena keberhasilan
akan bergantung pada efektivitas operasional.
Selanjutnya kita akan menggunakan
pengertian tersebut dan pengertian lainnya yang disajikan dalam literatur untuk
mensintesis definisi manajemen strategis. Dimensi utama yang diidentifikasi dalam
kajian tersebut, termasuk: menganalisa lingkungan internal dan eksternal,
merumuskan strategi, mengembangkan keunggulan kompetitif dan mencapai tujuan
organisasi (Bowman, Singh & Thomas,
2002; Bracker, 1980; Jemison, 1981; Porter, 1996; Rumelt, et al, 1994;.
Schendel & Hofer, 1979; Teece, 1990, Wright, et al, 1996). Dalam konteks
naskah ini, manajemen strategis didefinisikan sebagai proses dimana manajer perusahaan menganalisis lingkungan internal dan eksternal
untuk tujuan merumuskan strategi dan mengalokasikan sumber daya untuk
mengembangkan keunggulan kompetitif dalam industri yang memungkinkan untuk
keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Menggunakan definisi yang
diberikan manajemen strategis itu, kita selanjutnya menilai apakah manajemen
strategis adalah disiplin akademis .
Penilaian
terhadap Manajemen Strategis
Sebuah panduan kerangka
kerja sangat penting untuk menilai status disiplin akademis. Biglan (1973)
telah melakukan perbandingan awal terhadap disiplin akademis yang telah
digunakan untuk menilai status beberapa bidang. Biglan (1973) mensyaratkan dua
dimensi utama yang akan digunakan oleh para sarjana ketika menilai disiplin
akademis: adanya paradigma dan aplikasi praktis teori. Dimensi ketiga (berkaitan
dengan sistem hidup) juga diusulkan namun tidak relevan dengan penilaian dalam
ilmu sosial . Dimensi utama (1973) kerangka Biglan sejalan dengan komponen yang
biasa ditemukan dalam literatur yang
juga menegaskan pentingnya perkembangan paradigmatik dan aplikasi praktis dari
pengetahuan dalam disiplin ilmu (Bird, Welsch, Astrachan & Pistrui, 2002; Whetten, 1989).
Dimensi utama (1973) Model
Biglan telah digunakan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk
memeriksa dan menentukan berbagai bidang studi sebagai disiplin akademis
termasuk teknologi pendidikan, ilmu komputer, perlombaan studi dan manajemen,
pendidikan farmasi dan jurnalisme (Clark, 2006; Czerniewicz, 2008; de Burgh,
2003; Getz, 2002; Holmes & Desselle, 2004). Dengan demikian, kami berusaha
untuk memperluas penerapan kerangka Biglan (1973) dan menilai kondisi manajemen
strategis saat ini. Untuk menganalisis fakta lapangan, dimensi primer
didefinisikan dan kemudian diterapkan pada konteks manajemen strategis untuk
evaluasi lebih lanjut.
Paradigma
Paradigma sangat penting
untuk komunitas ilmiah mengingat bahwa akumulasi pengetahuan hanya dapat
terjadi ketika anggota masyarakat mematuhi paradigma yang ada. Tanpa
kesepakatan pada paradigma, para ilmuwan tidak akan mampu untuk membangun karya
orang lain (Pfeffer,1993). Menurut Kuhn (1996), paradigma adalah seperangkat keyakinan bersama komunitas ilmiah yang
mengatur penelitian ilmiah. Sebuah paradigma menjelaskan apa yang harus
diamati, apa jenis pertanyaan yang harus diajukan, bagaimana pertanyaan-pertanyaan
tersebut harus terstruktur dan bagaimana hasil penyelidikan yang harus
ditafsirkan (Kuhn, 1996). Menurut Eckberg dan Hills (1979), empat kondisi harus
ada untuk mengkonfirmasi keberadaan paradigma: (1) paradigma tidak luas, (2)
paradigma akan ditemukan dalam sub - disiplin beberapa penelitian, (3)
paradigma harus memiliki komunitas kohesif peneliti yang terpercaya, dan (4)
paradigma harus digunakan untuk menghasilkan dan memecahkan masalah sehingga
pengembangan tradisi penelitian terlihat jelas.
Paradigma
dalam Manajemen Strategis
Menurut Peng, Sun, Pinkham
dan Chen (2009), dua paradigma utama yang ada dalam manajemen strategis:
pandangan dasar industri bahwa mereka adalah sebuah Organisasi Ekonomi dan
pandangan bahwa mereka ada sebuah perusahaan. Teori Organisasi Industri (I/O)
berfokus pada struktur industri sebagai elemen kunci untuk kompetisi dan strategi
persaingan yang merujuk pada ahli ekonomi dan bisnis. Para sarjana dari teori
I/O setuju bahwa struktur industri adalah kunci penentu profitabilitas
(Harrigan, 1980; Oster, 1982; Porter, 1981). Konsep berbasis perusahaan adalah
teori yang berdasarkan atas keunggulan kompetitif tidak didasarkan pada
struktur industri tetapi berdasarkan sumber daya yang unik dari masing-masing
perusahaan. Sumber daya spesifik perusahaan mampu menghasilkan uang mengingat adanya
kondisi yang unik (yaitu sumber daya yang berharga, langka, susah ditiru dan tidak
disubstitusikan) yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan jangka
panjang (Barney, 1991; Eisenhardt & Martin , 2000; Rumelt , 1984).
Penting untuk dicatat bahwa
Kuhn percaya bahwa paradigma tidak bisa eksis pada tingkat disiplin melainkan hanya
pada tingkat sub -disiplin. Misalnya, tidak ada satu paradigma fisika, seperti
studi panas atau mekanik. Adapun manajemen strategis, paradigma yang ada dalam
subbidang seperti pandangan berbasis sumber daya dan I/O pandangan berbasis
perusahaan, menunjukkan adanya paradigma yang berbeda dalam manajemen strategis
(Martins, 1972 ).
Selain itu, paradigma adalah
"tubuh bagi keyakinan bersama komunitas kohesif " (Eckberg &
Hills, 1979, hal. 932). Adanya paradigma mengasumsikan komunitas praktisi
terintegrasi dalam satu keyakinan yang sama sehingga memunculkan pertanyaan
megenai metode yang digunakan, interpretasi data dan sebagainya (Eckberg &
Hills, 1979). Pandangan berbasis industri dan berbasis perusahaan dalam
manajemen strategis merupakan perspektif yang didukung oleh komunitas sarjana.
Adalah jelas bahwa paradigma
utama yang diidentifikasi tidak disiplin dan ditemukan di sub- disiplin
didukung oleh cukup banyak penelitian. Perspektif Industri dan Perusahaan juga
didukung oleh komunitas sarjana yang memanfaatkan paradigma itu membimbing dan
pemecahan masalah. Mengingat kondisi tersebut, manajemen strategis memenuhi
kriteria yang ditetapkan dalam paradigma. Kriteria berikutnya untuk menilai
disiplin adalah menyangkut aplikasi praktis
teori-teorinya.
Aplikasi
Praktis
Menurut kerangka Biglan (1973),
dimensi kedua untuk penilaian disiplin akademis adalah sejauh mana ada aplikasi
praktis di lapangan. Aplikasi praktis berkaitan dengan pelaksanaan teori ke
praktek dan ditemukan di berbagai bidang. Misalnya, dalam studi biologi dan
energi, teori tentang metode baru memproduksi hidrogen untuk digunakan dalam
sel bahan bakar berbasis hidrogen walaupun belum sempurna (Levin, Pitt & Love, 2004). Perkembangan serupa
berlaku dalam ilmu-ilmu sosial dimana peneliti berusaha untuk menerapkan teori
ke praktek. Kami berusaha untuk memeriksa apakah aplikasi praktis dari teori
ada dalam manajemen strategis.
Aplikasi
praktis dalam Manajemen Strategis
Manajemen strategis dianggap
sebagai "terapan, bidang profesional, yang tujuannya bukan hanya untuk
menggambarkan fenomena organisasi tetapi juga untuk memprediksi dan mengubah
mereka" (Gopinath & Hoffman, 1995, hal. 576). Bukti bahwa manajemen
strategis memiliki aplikasi praktis berasal dari Jarzabkowski & Giulietti (2007)
yang penelitiannya mendukung argumen bahwa manajemen strategis adalah ilmu
terapan dan alat-alat manajemen strategis yang digunakan dalam bisnis. Selain
itu, Benbasat dan Zmud (2003) menyajikan serangkaian tolok ukur untuk menilai
sejauhmana aplikasi praktis ada dalam disiplin akademis: (1) pelembagaan disiplin
sebagai bagian integral dari konteks organisasi dan ekonomi saat ini, (2)
pengakuan pentingnya fakta lapangan oleh badan akreditasi akademik, (3) adanya
departemen akademik dan program-program di universitas yang umum dan pribadi,
dan (4) masyarakat profesionalnya mampu menunjukkan pengaruh di bidang
organisasi.
Manajemen strategis
dilembagakan sebagai bagian penting dari bisnis dan konteks ekonomi saat ini.
Karya mani Porter, Strategi Kompetitif (1980), memberikan kontribusi terhadap
landasan pertumbuhan manajemen strategis dan telah menjadi salah satu kontributor
yang paling berpengaruh (Barney, 2002). Strategi generik Porter " tetap
paling sering untuk didukung dan diidentifikasi dalam buku teks manajemen
strategis dan dalam literatur " (Allen, Helms, Takeda & White, 2007,
hal. 73). Manajemen strategis telah mempengaruhi berbagai bidang seperti
kesehatan, masyarakat global, sektor
perhotelan dan manajemen sumber daya manusia (Crook et al, 2006; . Foster -
Pedley & Lerer, 1999; Reichel, 1983).
AACSB (Asosiasi untuk
Advance Collegiate Schools of Business) mengakui manajemen strategis layak
sebagai bidang studi sebagaimana tercermin dari jumlah program MBA dalam
manajemen strategis yang diakui oleh badan akreditasi. Selain itu, ada banyak
program pascasarjana dalam manajemen strategis yang ditawarkan di seluruh dunia
oleh universitas-universitas swasta dan pemerintah. Hari ini, kehadiran program
berorientasi manajemen strategis adalah lumrah dalam program bisnis di berbagai
tingkatan.
Selain itu, asosiasi
profesional bidang manajemen strategis juga banyak. Salah satu organisasi
profesi tersebut adalah Manajemen Strategis Masyarakat (SMS) yang terdiri dari
lebih dari 2.600 praktisi akademis dan bisnis lebih dari enam puluh negara.
Masyarakat profesional berfokus pada kemajuan manajemen strategis melalui
pengembangan dan penyebaran pengetahuan yang berkaitan dengan disiplin. SMS menerbitkan
tiga jurnal termasuk Jurnal Strategis Manajemen, Jurnal Kewirausahaan Strategis
dan Jurnal Strategi Global. Jurnal Strategis Manajemen secara teratur diperingkat
sebagai salah satu dari 20 jurnal bisnis Bloomberg
Business Week dan Financial Times.
Business Week juga disebut sebagai
Jurnal Manajemen Strategis " salah satu indikator kunci sekolah
bisnis" (Hitt, Boyd & Li, 2004, hal. 2). Lebih dari 50 persen dari
anggota SMS berasal dari luar Amerika Utara yang menggambarkan pertumbuhan dan
popularitas global .
Publikasi lain yang penting
adalah Jurnal Strategi Bisnis yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1984 dan
secara konsisten bertujuan untuk mempublikasikan artikel berkualitas yang
menarik bagi praktisi dan akademisi (Mehta & Bumpass, 2008). Jurnal
Strategi Bisnis menduduki peringkat (posisi 12) dari 50 jurnal akademik
manajemen atau strategi umum oleh para peneliti (Yuyuenyong- Watana &
Carraher, 2008).
Sebagai tambahan,
meningkatnya tren pertumbuhan manajemen strategis dapat dilihat dalam
keanggotaan Akademi Manajemen di mana ada sekitar 17.800 anggota di bidang Kebijakan
Bisnis dan Divisi Strategi dengan 25% dari mereka anggota yang tinggal di luar
Amerika Serikat. Dua puluh empat divisi profesional dan kelompok kepentingan
dalam Akademi Manajemen, Kebijakan Bisnis dan Divisi Strategi merupakan jumlah
yang terbesar dan meningkat 5% per tahun. Kehadiran organisasi profesional yang
kuat dan jurnal yang sukses menunjukkan bahwa manajemen strategis berhasil
bekerja untuk menerapkan teori di lapangan.
Beberapa peneliti menyatakan
bahwa akademisi telah salah dalam hal penerapan teori ke praktek ( Baldridge,
Floyd & Markoczy, 2004; Duncan, 1974; Gopinath & Hoffman, 1995;
Hambrick, 2007). Kritik utama bahwa komunitas akademik dan teori-teori yang
digunakan tidak relevan dengan praktek, teori tidak dapat membentuk praktek dan
akademisi terlalu khawatir mengembangkan teori sementara kehilangan relevansinya
dengan praktis (Jarzabkowski & Whittington, 2008). Baldridge et al. (2004) lebih
jauh mempertanyakan apakah mungkin "kualitas akademik dan relevansi
praktis eksklusif " (2004, hal. 1063).
Meskipun kekurangan,
peneliti dan praktisi memiliki hubungan simbiosis. Para peneliti mempelajari
praktik bisnis untuk merumuskan pengembangan teori baru. Setelah teori
disarikan dari penelitian, disebarluaskan melalui artikel di jurnal, buku teks,
program MBA dan konsultan (Jarzabkowski & Whittington, 2008). Teori
disebarluaskan kemudian berdampak pada manajer bisnis yang menerapkan
praktek-praktek sehingga siklus berlanjut. Selanjutnya, fakultas manajemen
strategis telah melahirkan sejumlah besar sarjana dan profesional yang bekerja sehingga
mempengaruhi pemikiran strategis dan praktek manajemen (Mahoney & McGahan,
2007).
Secara keseluruhan,
manajemen strategis memiliki aplikasi praktis di lapangan berdasarkan pada
penilaian kriteria yang disajikan oleh kerangka Biglan (1973) untuk klasifikasi
disiplin akademis. Meskipun ada kritik tentang akademisi yang "teori
jimat", teori bentuk praktek bisnis manajemen strategis dalam berbagai
bidang organisasi (Hambrick , 2007) . Oleh karena itu, bidang manajemen
strategis berhasil lulus sebagai aplikasi praktis dari teori.
Penilaian
Manajemen Strategis sebagai Disiplin Hasil
Kami menilai keadaan
manajemen strategis sebagai disiplin akademis saat ini. Penilaian terhadap
keadaan manajemen strategis dilakukan melalui analisis paradigma dan sejauhmana
pengetahuan manajemen strategis praktis diterapkan. Keberadaan dua paradigma
memberikan dukungan kuat bahwa manajemen strategis didukung oleh jaringan umum menerima
dan meyakini yang mengatur penyelidikan ilmiah seperti yang didefinisikan oleh
Kuhn (1996). Selanjutnya, sub - paradigma tidak hanya ada di lapangan, tetapi
memberikan kontribusi terhadap kekayaan pengetahuan dan penyelidikan.
Evaluasi penerapan praktis
dari pengetahuan manajemen strategis juga dilakukan. Manajemen strategis
terdiri dari organisasi-organisasi profesional yang bertujuan mempromosikan
kemajuan pengetahuan terkait. Selain itu, Jarzabkowski dan Giulietti (2007)
menemukan bahwa kesenjangan akademik – praktisi semakin menyempit oleh
pendidikan praktisi yang terkena ilmu manajemen strategis melalui pelatihan.
Selain itu, dengan adanya program manajemen strategis dan pengakuan oleh
lembaga akreditasi, semakin menguatkan bahwa manajemen strategis terlibat dalam
aplikasi praktis.
Berdasarkan penilaian dari
paradigma dan aplikasi praktis, dapat disimpulkan bahwa bidang manajemen
strategis diklasifikasikan sebagai disiplin akademis ketika dievaluasi
menggunakan dimensi paradigma dan aplikasi praktis dari kerangka Biglan (1973).
Penilaian manajemen strategis sebagai disiplin akademis sama sekali tidak
dimaksudkan untuk memberi sinyal kepada peneliti bahwa penyelidikan manajemen
strategis lengkap. Pada bagian berikutnya implikasi dari temuan ini akan
dibahas.
Implikasi
manajemen strategis sebagai
bidang studi akademis, penting untuk mengatasi kekhawatiran tentang
perkembangan masa depan disiplin ini dan bagaimana masalah ini mempengaruhi
akademisi dan praktisi. Penelitian menunjukkan bahwa kekhawatiran tentang
perkembangan masa depan dibedakan ke dalam tiga kategori: keragaman aliran penelitian,
kecukupan metode penelitian dan tingkat aplikasi praktis. Kami meninjau ketiga
bidang dan menyarankan implikasinya untuk pengembangan masa depan dari disiplin
ini.
Keragaman
Aliran Penelitian
Hambrick menegaskan bahwa
"bidang ini ditarik dengan cepat oleh kekuatan sentrifugal" (2004,
hal. 91). Dengan agenda yang berbeda dari penelitian kami, kami mengambil
risiko diserap oleh disiplin ilmu yang berdekatan seperti mikroekonomi,
pemasaran, sosiologi dan psikologi. Hambrick (2004) lebih lanjut menyatakan
bahwa banyak sarjana manajemen strategis sedang mencari teori besar berikutnya,
namun yang paling dibutuhkan adalah perbaikan dan peningkatan teori yang ada.
Menurut Kuhn (1996), setelah periode revolusioner ketika paradigma baru
diciptakan, kita memasuki periode normal dimana
hanya "menambal" apa yang ada (paradigma ini lebih diperjelas
dalam kondisi yang lebih ketat). Dengan demikian, Hambrick (2004) panggilan
dari anggota komunitas ilmiah untuk "sapu bersih" teori yang ada dari
manajemen strategis bukan mengejar teori-teori baru yang tidak ada habisnya.
Pengembangan
Metode Penelitian
Hambrick (2004) merekomendasikan,
pengujian teori manajemen strategis yang ada sangat penting. Termasuk kebutuhan
artikel yang lebih empiris dimana prediksi menggunakan model yang ada, diagram dan
tokoh-tokoh secara eksplisit menggambarkan hubungan kausal antar variabel dan
menunjukkan pengaruh penting yang mengatur hubungan dan/atau proses yang
sebelumnya diusulkan oleh teori yang ada (Colquuitt & Zapata - Phelan,
2007). Semakin banyak peneliti manajemen strategis dapat mendukung teori dengan
pengamatan empiris, semakin baik kemampuan diskonfirmasi (yang merupakan kriteria
utama untuk menilai teori) sehingga memperkuat teori yang ada (Van Maanen,
Sorenson & Mitchell, 2007).
Bukan untuk mengatakan bahwa
perluasan teori dan pengembangan perspektif teoritis yang ada tidak penting.
Sebagaimana Hoskisson, et al. (1999) mencatat, peneliti dan praktisi manajemen
strategis secara konstan ditantang oleh perubahan baru. Ketika memeriksa
pandangan yang lebih dinamis, baik karena perubahan teknologi yang cepat, kondisi
ekonomi yang tidak stabil atau alasan
lainnya, masalah strategis terus memerlukan perspektif teoritis beragam dan metodologi
empiris inovatif (D' Aveni, Dagnino & Smith, 2010). Meskipun demikian,
Hafsi dan Thomas (2005) mengingatkan bahwa manajemen strategis harus
mengembangkan kerangka kerja konseptual untuk membawa penelitian dan praktek
bersama-sama, disiplin menjalankan risiko akibat terpisah dan diserap oleh
disiplin lainnya.
Selain itu, kekhawatiran
tentang arah dan pengembangan disiplin manajemen strategis di masa depan tidak
terbatas pada pengembangan teori baru. Ketchen, Boyd dan Bergh (2008)
berpendapat bahwa perkembangan teoritis dalam bidang apapun adalah sebaik
metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan mereka. Untuk praktis dan
kemajuan, alat penelitian juga harus maju. Dalam studi jurnal manajemen
strategis selama tiga periode (1980-1982;1990-1992, 2000-2002), Ketchen et al.
(2008) menemukan peningkatan dramatis dalam volume artikel yang berkaitan
dengan manajemen strategis dan metode penelitian yang digunakan untuk
mempelajari disiplin tersebut. Venkatraman (2008) menambahkan bahwa para
peneliti harus terus mengembangkan metodologi baru sekaligus meningkatkan
presisi bagaimana konstruksi konsep dan hubungan antara mereka dinilai.
Teori manajemen strategis
dan konseptualisasi juga terus tumbuh dan menyebar ke bidang lain. Baru-baru
ini publikasi manajemen strategis telah muncul dalam bidang-bidang seperti kewirausahaan
dan pemasaran. Manajemen Strategis Masyarakat (SMS) mulai menerbitkan Journal
Kewirausahaan Strategis triwulanan pada tahun 2007. Penekanan dari jurnal ini
adalah untuk mengenali sifat strategis kewirausahaan ketika itu bermanfaat bagi
masyarakat secara signifikan dan berkelanjutan. Journal of Strategic Marketing juga muncul dengan tujuh isu setahun,
sebagai outlet untuk penerbitan artikel yang berkaitan dengan kegiatan
pemasaran yang mencapai tujuan dan strategi organisasi.
Ketchen et al. (2008) juga
mencatat dua kelemahan utama dalam metode penelitian manajemen strategis saat
ini yang tidak benar menganalisis beberapa isu kunci. Pertama, dibatasi menggunakan
instrumen survei untuk "mengetahui motif eksekutif, preferensi dan
keputusan... [dan bahwa survei ini] sangat terbatas dalam kemampuan menangkap
fenomena ini" (Ketchen et al., 2008, p. 652) . Selanjutnya, para penulis
mencatat bahwa isu-isu dalam manajemen strategis menjangkau beberapa tingkat analisis
(misalnya industri, kelompok strategis,
perusahaan, manajer, dll), alat-alat penelitian saat ini tidak mampu mengukur
dan mengevaluasi hubungan yang kompleks itu.
Literatur terbaru menyerukan
untuk menggunakan alat-alat penelitian seperti analisis komparatif kualitatif yang
lebih besar dalam manajemen strategis dan penerapan teknologi baru atau
penggunaan metode baru (Greckhamer, Misangyi, Elms & Lacey, 2008;
Venkatraman, 2008). Salah satu alat yang mungkin adalah diksi, sebuah program
analisis konten yang mungkin membantu penelitian manajemen strategis dengan
memeriksa dampak narasi manajemen terhadap kinerja keuangan dan organisasi
perusahaan (Short & Palmer, 2008). Potensi sumber daya lain adalah aplikasi
yang lebih besar dari analisis wacana kritis dalam manajemen strategis
(Phillips, Sewell & Jaynes, 2008). Metodologi ini sangat berguna untuk
memeriksa bagaimana organisasi diciptakan dan dipelihara melalui wacana. Ranah masa
depan penelitian menggunakan metodologi ini akan mencakup perumusan strategi
dan pelaksanaan strategi.
Penelitian manajemen
strategis akan mendapat manfaat dari investigasi menggunakan beberapa tingkat
analisis (Hitt, Beamish, Jackson & Mathieu, 2007), di mana ada konsistensi
antara tingkat teori, tingkat pengukuran (tingkat entitas dari data yang
berasal) dan tingkat analisis (unit yang
ditugaskan data untuk pengujian hipotesis dan analisis statistik) (Rousseau,
1985). Fokus tambahan mengenai penyebab dan apa artinya untuk penelitian
manajemen strategis juga diperlukan (Durand & Vaara, 2009). Penyebab dapat
lebih mudah diatasi dalam manajemen strategis melalui metode kontra yang
menyelidiki arah dan stabilitas hubungan antara kejadian dan konsekuensinya
atau melalui kombinasi laboratorium dan penelitian lapangan (Durand & Vaara,
2009; Schwenk, 1982). Singkatnya, kurangnya alat penelitian yang memadai
menunjukkan bahwa masih banyak pertanyaan penting yang belum terjawab.
Pengembangan
Aplikasi Praktis
Banyak yang telah ditulis
tentang topik apakah literatur manajemen strategis adalah praktis untuk manajer
bisnis dan apakah penelitian terus berpacu dengan pasar yang dinamis saat ini
(Baldridge et al, 2004;.Duncan, 1974; Gopinath & Hoffman, 1995; Grundy,
2004; Hambrick, 2007; Jarzabkowski & Wilson, 2006). Menurut penilaian kami,
manajemen strategis terlibat dalam aplikasi praktis namun masih ada sekat
antara akademisi dan praktisi. Meskipun perbedaan ini, peneliti dan praktisi
memiliki hubungan yang saling menguntungkan dimana masing-masing pihak membantu
yang lain dalam mengembangkan teori-teori baru, pelatihan manajemen dan menerapkan
praktek-praktek baru. Adanya komunikasi dua arah antara peneliti dan praktisi
yang saling menguntungkan dan mengarah ke pengembangan teori baru. Untuk lebih
memperkuat hubungan antara peneliti dan praktisi, kami merekomendasikan bahwa
peneliti: Pertama melibatkan komunitas bisnis untuk lebih memahami kebutuhan
mereka saat bekerja untuk mengembangkan aliran penelitian yang saling
menguntungkan. Teori-teori manajemen strategis membangun dan memajukan "masalah"
untuk mengatasi masalah dan fenomena praktek. Kedua, peneliti didorong untuk
terlibat pada domain masalah masa depan. Dengan mengantisipasi konseptual dan
domain praktis yang relevan dalam manajemen strategis, peneliti akan menjadi
kurang reaktif. Selain itu, peneliti harus menyadari berkomunikasi dalam penelitian
harus dapat dipahami oleh praktisi (Baldridge et al., 2004). Mengikuti
pendekatan proaktif akan memungkinkan akademisi untuk berkomunikasi seacara pragmatis
yang berguna bagi praktisi (Corely & Gioia, 2011).
Manfaat menjembatani
akademik - praktisi terlihat dalam apa Van de Ven dan Johnson (2006) yang
diberi label "diberlakukan beasiswa" yang merupakan bentuk kolaborasi
penyelidikan dan komunikasi dua arah di mana akademisi dan praktisi dapat
menemukan dasar bersama dalam pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan dan
pelaksanaan penelitian dilakukan dalam pengaturan dunia nyata. Memanfaatkan
perspektif dan kompetensi dari kedua praktisi dan akademisi memungkinkan untuk
"produksi bersama" pengetahuan tentang masalah yang relevan dan
fenomenal. Pengetahuan ini tidak hanya menjadi relevan bagi praktisi akan
tetapi juga akademisi. Rekomendasi ini mengikuti Schendel, Ansoff dan
rekomendasi Channon-yang muncul dalam edisi pertama Journal Manajemen Strategis-bahwa disiplin manajemen strategis yang
kuat, harus tidak pernah melupakan mengejar penelitian yang "baik bagi
akademisi maupun praktisi akan... menarik " (1980, hal. 4).
Kesimpulan
Secara keseluruhan, analisis
ini bermaksud untuk memberikan laporan tentang status bidang manajemen
strategis. Secara khusus, status lapangan tersebut sebagai disiplin akademis
bertentangan dengan pendapat kebanyakan sarjana. Untuk mengevaluasi
perkembangan lapangan, kami menggunakan kerangka kerja yang diusulkan oleh
Biglan (1973) mengidentifikasi dua dimensi yang digunakan untuk
mengklasifikasikan bidang studi sebagai disiplin akademis. Dimensi: mempunyai
paradigma penelitian dan memiliki
aplikasi praktis. Berdasarkan analisis lapangan, disimpulkan bahwa manajemen
strategis memenuhi kriteria Biglan (1973) dan merupakan disiplin akademis.
Klasifikasi manajemen
strategis sebagai disiplin akademis tidak berarti bahwa tugas sarjana manajemen
strategis berkurang. Selain itu, temuan menggembirakan yang harus memotivasi peneliti
untuk terus menyempurnakan paradigma dan mengembangkan aplikasi praktis untuk menjamin
pengayaan lebih lanjut. Disiplin ini harus siap untuk terus memproduksi
kemajuan teoritis dan praktis yang akan mendorong pengembangan manajemen
strategis dan memiliki implikasi yang luas untuk disiplin lainnya.
Biografis
Penulis
Marcus Z. Cox adalah
kandidat doktor dalam manajemen strategis di University of North Texas. Ia menerima gelar MBA dari Stephen F.
Austin State University dan CAM dari Babson College. Minat penelitiannya saat
ini strategi, kelestarian lingkungan, inovasi strategis dan etika.
Josh Daspit adalah kandidat
doktor dalam manajemen strategis di University
of North Texas. Ia menerima gelar MBA dari University of St Thomas dan BS dari Lamar University. Minat penelitiannya meliputi daya serap,
kemampuan perusahaan dan manajemen sumber daya manusia strategis.
Erin B. McLaughlin adalah
Asisten Profesor di H. Wayne Huizenga Sekolah Bisnis dan Kewirausahaan di Nova Southeastern University. Minat
penelitiannya adalah di bidang strategi, manajemen usaha kecil, kewirausahaan kognisi
dan kecerdasan emosional.
Raymond Jones saat Ph.D.
kandidat di Departemen of Management di University of North Texas .
Ucapan
Terimakasih
Penulis mengucapkan terima
kasih kepada Derrick D'Souza untuk bimbingan dan dukungan dan Brooklyn Cole,
Victor McKee dan Ashwini Yosua atas kontribusi mereka terhadap draf awal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar