Iklan Premium

Judul Iklan

Isi Potongan Iklan
Dikirim oleh : Nama Pengirim, Alamat, No Telp | Kunjungi Website

Ini Dia Tips Mendapatkan Penginapan Murah

http://travel.detik.com/read/2012/05/22/144213/1921825/1048/ini-dia-tips-mendapatkan-penginapan-murah?v33081024
Penginapan merupakan komponen penting dalam kegiatan traveling. Akan tetapi, penginapan dengan harga mahal juga dapat memberatkan biaya perjalanan. Untuk itu, perhatikan 6 tips berikut untuk mendapat penginapan murah.

Selain biaya transportasi dan makan, biaya menginap juga harus Anda perhatikan. Hal ini akan membantu dalam menghemat total biaya perjalanan Anda. Tidak perlu penginapan yang mahal, penginapan yang murah asal aman dan nyaman dapat menjadi tempat beristirahat yang memadai. Disusun detikTravel, Selasa (22/5/2012), berikut 6 tips untuk mendapatkan penginapan murah:

1. Jangan terlalu dekat pusat kota atau objek wisata

Biasanya, penginapan yang berada di pusat kota atau di dekat objek wisata mematok harga yang tinggi. Hal ini karena letaknya yang strategis dan juga banyaknya permintaan. Sehingga penginapan-penginapan tersebut mematok harga yang cukup menguras biaya perjalanan Anda.

Oleh sebab itu, pilihlah penginapan yang terletak di pinggir kota. Meski cukup jauh dari kota dan pusat aktivitas warga, biaya menginapnya pun tidak terlalu menguras kantong Anda. Selain itu, penginapan tersebut pun cukup tenang dan jauh dari keramaian, Anda pun bisa beristirahat dengan nyaman.

2. Cari area backpacker


Dalam memilih tempat atau kawasan penginapan, Anda dapat memilih area backpacker. Area ini mematok harga penginapan yang tidak mahal, karena disesuaikan dengan anggaran para backpacker.

Beberapa area backpacker terkenal antara lain Jl Jaksa di wilayah Jakarta Pusat, Jl Sosrowijayan di Yogyakartaa, Poppies di Kuta, dan Khaosan Road di Bangkok, Thailand. Area backpacker tersebut memang tidak sekelas hotel berbintang, namun fasilitasnya cukup memadai untuk Anda beristirahat. Anda pun juga dapat berkenalan dengan para backpacker-backpacker lainnya saat menginap di sana.

3. Cari penawaran murah di internet


Saat mencari penginapan, gunakan media internet untuk mencari promo-promo dan penawaran murah. Anda pun dapat browsing di situs-situs travel agent untuk mendapatkan penginapan yang murah.

Tidak sedikit penginapan yang memberikan diskon atau vocher menginap saat musim liburan tiba. Untuk itu, rajin-rajinlah browsing di internet atau menghubungi travel agent.

4. Fokus cari hostel atau rumah penduduk

Lupakan hotel berbintang dan segala macam fasilitas mewahnya, karena akan sangat menguras biaya perjalanan Anda. Dalam memilih penginapan, beberapa jenis penginapan seperti hostel atau rumah penduduk harganya dijamin tidak akan mahal.

Hostel hanya memiliki fasilitas berupa kasur atau kipas angin saja. Meskipun tidak mewah, hal ini sudah cukup utnuk menjadi tempat istirahat Anda. Untuk menginap di rumah penduduk, Anda harus pintar-pintar bernegosiasi harga dengan sang tuan rumah. Kelebihan dari menginap rumah penduduk, yaitu Anda dapat bersosialisasi dengan penduduk asli dan mempelajari adat atau budaya masyarakat sekitar.

5. Tanya warga sekitar


Beberapa hostel atau guest house tidak tercantum dalam situs internet. Hal ini dikarenakan tempatnya yang terpencil atau belum terdata. Meski demikian, penginapan tersebut dapat menjadi referensi Anda untuk bermalam.

Cara untuk mendapatkan penginapan tersebut adalah dengan bertanya kepada warga sekitar. Anda bisa bertanya kepada warga, polisi, hingga pusat informasi wisata terdekat untuk mendapat penginapan yang murah. Tentu, hal ini akan sangat membantu Anda dalam mencari tempat bermalam dan menambah rekomendasi tempat menginap di kawasan tersebut.

6. Rajin bergaul di forum online


Manfaatkanlah teman Anda sesama bacpacker untuk menambah wawasan tentang mendapat referensi penginapan yang murah. Salah satunya dengan rajin bergaul di forum online, seperti forum backapcker, forum kampus, dan lain-lain.

Hal ini akan menambah referensi Anda tentang penginapan dan menambah wawasan tentang tempat yang akan dituju. Jangan lupa juga untuk berbagi pengalaman Anda ke teman-teman forum lainnya.

6 Hal di atas dapat Anda lakukan untuk mendapat penginapan murah. Setelah mendapat penginapan murah, perhatikan faktor keamanan. Pastikan barang-barang Anda berada di tempat yang aman dan kunci pintu kamar sebelum tidur nyenyak. Selamat berlibur dan mendapat penginapan murah!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Banner 125x125 dan 160x600