Iklan Premium

Judul Iklan

Isi Potongan Iklan
Dikirim oleh : Nama Pengirim, Alamat, No Telp | Kunjungi Website

Mencari Institusi Paling Bersih di Indonesia




Pada 8 Januari 2012 lalu, LSI merilis hasil survei terbaru tentang persepsi pemberantasan korupsi di masa pemerintahan Presiden SBY. Dalam survei tersebut, TNI dengan 57,2 persen dinilai bersih dari korupsi, Presiden mendapat 51 persen, Polri 39,3 persen, KPK memperoleh 38,5 persen, Bank Indonesia 38,2 persen, Mahkamah Konstitusi 37,7 persen, Mahkamah Agung 34,9 persen, BPK 33,8 persen, Kejaksaan Agung dinilai 33,2 persen bersih dari korupsi, DPR 31,1 persen, dan Partai politik 30,2 persen.

Hasil survei ini menunjukkan, adanya penurunan kepercayaan publik terhadap penegakan hukum. Salah satu temuan yang menarik dari survei ini adalah bahwa KPK yang sering dianggap sebagai harapan dalam pemberantasan korupsi di Indonesia, ternyata mendapat nilai kepercayaan yang lebih rendah daripada polisi.

Menurut Direktur Eksekutif LSI Dodi Ambardi, seperti dikutip Tempo, persepsi masyarakat itu tidak terlepas dari kasus yang ditangani KPK. Banyak kasus besar seperti kasus Bank Century dan Nazaruddin yang juga menyeret nama dari institusi KPK. Sedangkan dari institusi kepolisian, "Hanya kasus rekening gendut yang melibatkan polisi."

Kami pun mengadakan survei sendiri untuk ikut menanyakan persepsi pembaca Yahoo Indonesia akan institusi negara yang bersih dari korupsi. Polling diadakan dalam lima hari dari 8 Januari 2012 sampai 13 Januari 2012. Ada 12.901 suara yang masuk dalam jajak pendapat kami. Hasilnya, dari pertanyaan lembaga mana yang menurut Anda paling bersih dari korupsi, di urutan nomor satu adalah Mahkamah Konstitusi dengan 29 persen.

Di posisi kedua, ada TNI dengan 'nilai' 22 persen, kurang lebih sama dengan survei LSI yang meletakkan TNI di posisi pertama institusi paling bersih korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi ada di posisi ketiga dengan 16 persen, Presiden di posisi keempat dengan 11 persen, sementara Kepolisian dengan 7 persen.

Dewan Perwakilan Rakyat masuk di posisi enam dengan 5 persen, Bank Indonesia dengan 4 persen, BPK 3 persen, Mahkamah Agung 2 persen, dan Kejaksaan Agung di posisi bontot dengan 1 persen.

Dari kedua jajak pendapat dan survei ini, apa tanggapan Anda? Kenapa TNI dalam kedua survei dan jajak pendapat ini sama-sama mendapat nilai tinggi sebagai institusi yang bersih akan korupsi? Apa yang menurut Anda membuat Mahkamah Konstitusi berada di posisi nomor satu dalam jajak pendapat Yahoo Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banner 125x125 dan 160x600